Sunday, August 07, 2005

get along

Get Along With FK
-----------------
Tiap anak pasti punya cita-cita. Kalo kita ketemu anak kecil, trus kita tanya, "kalian kalo udah gede mau jadiapa ?" … Banyak yang bakalan langsung jawab, "pengen jadi dokter !!!"
Apa kalian juga termasuk diantara anak2 itu ? Sebagian besar dari kalian, dulu juga pasti jawab begitu ‘kan ?
Dari begitu banyak orang di muka bumi ini, ada sebagian orang beruntung (ciee...) yang dapet kesempatan untuk mewujudkan cita2 masa kecil itu, dan saat kamu baca booklet ini, maka berbahagialah kamu, karena kamu sudah jadi satu diantara orang2 yang beruntung itu !
Tapi, berhasil diterima di FK bukannya akhir dari perjalanan n perjuangan kamu, tapi justru awal dari segalanya. Untuk bisa ngedapetin sesuatu yang kamu mau, so pasti kamu harus mau berusaha n berjuang. Apalagi untuk mewujudkan cita2 kamu di FK ini. Kamu harus mau berusaha ekstra keras en harus mau berkorban segala macem deh pokoknya, mulai dari doku, waktu, jam maen, jam tidur, bahkan korban perasaan... Masa sih ampe segitunya ? Yah, nanti juga kamu bakal ngerasain sendiri. Yang pasti kamu mesti siap mental en fisik.
Saat dimana kamu mantepin hati kamu untuk masuk FK, saat itu juga kamu memikul sebuah tanggung jawab yang besar. Kenapa? Yah, jelas kan, kalo kamu udah lulus dari FK, kamu bakal jadi dokter. Kamu musti ngerti, kalo jadi dokter itu gak cuma sekedar periksa2 pasien terus ngira2 obat yang pas buat mereka.
Salah satu dokter di FK pernah bilang, "we don’t need geniuses, we don’t need the smartest, but we do need a hard worker, a very diligent person n someone that we can count on ‘coz we’re gonna deal with other people’s life"
And that what being a student of the medical faculty is all about !
Dalam lingkungan FK ada banyak sifat yang harus kamu hindari. Salah satunya adalah egois, mau menang sendiri. Kalo kamu terus mempertahankan sikap yang begini, jangan ngarepin dapet banyak temen. Padahal, kamu gak mungkin bakal eksis di eFKa kalo gak punya temen !
Kamu musti coba untuk menghargai pendapat temen en selalu bersikap baik ama temen2 en kakak2 kelasmu. Trus kamu juga jangan pelit bagi2 ilmu, kalo kamu tau sesuatu yang temenmu belom tau, ya cepetan aja kasih tau ke mereka, en so pasti mereka juga bakalan ngelakuin yang sama ke kamu.
Jadi anak FK tuh jangan study oriented banget, pake juga waktu kamu buat bersosialisasi. Belajar bersosialisasi ama orang laen tu penting banget di profesi dokter, karena ntar di lapangan kita bakalan langsung berhadapan ama pasien. Manfaatin waktu kamu sebaik2nya, pake waktu santai untuk santai, waktu maen untuk maen, tapi waktu belajar juga tentu harus belajar. Dan kamu juga mesti pinter2 ngatur porsi segala macem kegiatan ini. Kebanyakan maen tuh gak bagus, kebanyakan belajar apalagi !
Bakalan banyak tantangan yang menunggu kamu di FK, tapi kamu semua musti yakin ama diri kamu sendiri, gak ada tembok yang gak bisa dipanjat (yah, kalo kepaksanya gak bisa ya … dijebol aja ^_^), gak ada masalah yang gak bisa diselesaiin asal kita mau berusaha en gak lupa berdoa juga.
Yang pasti, selamat datang di eFKa UNDIP ! Kita semua berharap kalo kamu2 yang baru dateng n bergabung ama Qta2 bakalan jadi dokter2yang andal !